Ethos Belajar

Posted by: Agnes in

Sampai kapan kita belajar??Apakah hanya pada waktu kita sekolah saja kita belajar??Menurut saya belajar itu adalah bagaimana kita bisa mengambil manfaat dan sisi positif dari setiap aktivitas baik di masa lalu,sekarang maupun yang akan terjadi. Masa lalu apa pun itu baik yg buruk maupun yang baik apabila kita mau belajar saya yakin itu bisa membantu kita menjadi lebih baik, bukan berarti kita takut mengingat masa lalu yang buruk dan bisa membuat kita menjadi lebih tidak baik. Belajar hari ini untuk hari ini dan untuk masa yang akan datang. Tidak ada batasan waktu untuk kita berhenti belajar dan tidak ada batasan ruang untuk kita bisa belajar, belajar bisa kapan saja dan dimana saja.

Siapa guru sejati kita?? Menurut Drs Waidi dalam bukunya Self Empowerment by NLP Guru sejati adalah siapa saja yang bisa memberikan pencerahan jiwa. Berarti kita bisa belajar dari siapa saja donk. Pembelajar sejati itu bukan hanya memahami apa yang dipelajari tapi menemukan ide-ide baru dari yang kita dipelajari.

Untuk bisa menemukan ide baru, kita memerlukan etos belajar. Menurut kamus Inggris-Indonesia karangan John M Echols dan Hasan Shadily, etos berarti jiwa khas suatu bangsa. Bangsa – bangsa maju memiliki etos yang tinggi, baik etos kerja, etos belajar maupun etos waktu.

Etos belajar dapat membawa prestasi luar biasa. Pemenang nobel Fisika dari Jepang, Masathohsi Koshiba, adalah salah seorang pemennang nobel karena etos belajarnya. Ia bukan dari golongan berlatar belakang genius, tetapi berlatar belakang etos. Ia bukan dari golongan cerdas, tetapi mampu meraih nobel hanya karena etos belajar (Self Empowerment by NLP, 2007).

Jadi gak ada kata bodoh buat kita,yg harus kita perjuangkan adalah menumbuhkan dan mencandu ethos belajar itu..

Inspiration from Self Empowerment by NLP karangan Drs Waidi, UNSOED.
Agnes*

This entry was posted on Monday, May 05, 2008 and is filed under . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Subscribe to: Post Comments (Atom) .

0 comments

Post a Comment